Arsip

Akhir-akhir ini banyak orang yang menjual dan mencari madu sarang. Salah satu alasannya adalah merasa lebih yakin keaslian madu dengan memakannya langsung dari sarang. Well, tidak ada yang salah dengan itu.

Yang perlu dipastikan adalah, apakah Anda tahu dari mana si penjual mendapatkan produknya?

Dari penampilan foto seperti pada foto pertama di laman ini, kebanyakan madu sarang yang dijual secara online adalah dari lebah jenis Apis mellifera atau lebah ternak/budidaya yang habitat aslinya dari Eropa. Ciri-cirinya adalah bentuk sarang yang rapi, bisa dikemas dengan bentuk kotak-kotak dan cukup kokoh, dengan lubang-lubang sel yang ukurannya sedang (tidak terlalu besar atau kecil).

Sarang Lebah Apis cerana

Sarang lebah Apis cerana atau lebah lokal asli Asia, termasuk Indonesia, lebih kecil dan rapuh jika terkena benturan. Bentuk sarangnya juga biasanya setengah lingkaran. Sedangkan sarang lebah Apis dorsata atau lebah liar yang biasa bergelantungan di pepohonan besar di hutan, memiliki bentuk sarang yang lebih tak beraturan, kadang bisa setengah lingkaran besar, bisa juga seperti bola, ukuran lebih besar dan tekstur lilin sarang yang lebih keras daripada sarang Apis mellifera dan Apis cerana.

Sarang lebah Apis dorsata

Tingginya minat konsumen terhadap madu sarang ini disambut hangat oleh para pedagang yang tentunya tak ingin melewatkan potensi keuntungan yang datang. Sayangnya, kondisi perlebahan di Indonesia saat ini masih belum cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan konsumen madu kita, sehingga madu sarang yang banyak beredar di pasaran akhir-akhir ini pun diduga dipenuhi oleh produk impor, khususnya China.

Kenapa peternak lebah kita belum bisa memenuhi kebutuhan pasar madu sarang? Cek jawabannya di sini.

Jika Anda membeli madu sarang, pastikan bahwa produk yang Anda beli berkualitas baik. Lebih bagus lagi jika Anda mengenal produsennya. Karena sarang lebah pun bisa dicetak oleh manusia menggunakan campuran lilin parafin yang tidak baik untuk dikonsumsi. Atau sebaliknya, lilinnya asli dari lebah (bees wax), tetapi madu yang tersimpan di dalamnya adalah sirup gula yang disediakan manusia untuk diisap oleh lebah dan diubah menjadi madu sarang!

 

  Kembali ke halaman berita utama