Madu adalah makanan yang baik dan aman bagi orang dewasa dan anak-anak,tetapi tidak di anjurkan untuk bayi yang berusia di bawah satu tahun atau masih 12 bulan. Bayi bias terkena penyakit Botulisma, yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Spora C Botulinum ada dimana-mana, di tanah, di air, debu, hasil pertanian mentah dan produk makanan berkadar asam rendah yang tidak di proses dengan baik.

Bakteri clostridium botulinum tidak berbahaya bagi orang dewasa dan anak-anak, akan tetapi berbahaya bagi bayi dikarenakan system pencernaan pada bayi belum sempurna. Bayi yang menunjukan gejala botulisma yaitu kurang nafsu makan, sering menangis, susah buang air besar dan lesu, sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis. Botulisma bayi juga dapat menyerang bayi walaupun tidak mengkonsumsi madu sekalipun.

Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam memberikan asupan makanan dan minuman terhadap bayi, agar tidak terjadi hal – hal yang merugikan bagi sang buah hati. Namun demikian madu memang sangat bermanfaat bagi kita semua dan di berikan saat usia yang tepat. Bina Apiari selalu memberikan informasi untuk setiap pelanggan yang memerlukannya.