Bee Pollen adalah serbuk sari tanaman yang dibawa oleh lebah ke sarang bersamaan dengan madu. Bee pollen kemudian dimasukkan ke dalam sel-sel sarang lebah, berlapis-lapis dengan madu, lalu mengalami fermentasi. Bee pollen yang telah terfermentasi lebih dikenal sebagai Bee Bread.

Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, Bee Pollen sering disebut sebagai “harta karun makanan alami”. Makanan lebah ini bisa membantu mengatasi masalah metabolisme, sehingga secara tidak langsung dapat memperbaiki system imun tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Apa saja manfaat dari Bee Pollen?

1. Berperan Sebagai Anti Aging (Anti Penuaan Dini)

Bee Pollen mengandung asam nukleat untuk mendukung regenerasi sel, menunda proses penuaan dan memperpanjang umur. Setelah memakan Bee Pollen, sistem metabolisme tubuh membaik, proses penuaan melambat, memori otak membaik secara signifikan, kondisi fisik menguat (terutama dirasakan oleh lansia), flek-flek hitam/coklat secara bertahap berkurang dan menghilang.

2. Meningkatkan Fungsi Imun Tubuh Secara Keseluruhan

Polisakarida Bee Pollen bisa mengaktifkan makrofag (sel darah putih yang penting dalam fungsi kekebalan tubuh), sehingga memperbaiki ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Komisi Ilmu dan Teknologi Nasional RRT telah mempelajari peranan bee pollen untuk meningkatkan kemampuan berolah raga para atlet. Dengan konsumsi 15 gram per hari rutin selama tiga bulan, bee pollen secara signifikan bisa memperbaiki daya kerja jantung, meningkatkan daya tahan (endurance) dan meningkatkan kekuatan otot tulang. Oleh karena itu, Bee Pollen sering direkomendasikan sebagai suplemen gizi para atlet untuk jangka panjang.

3. Mengatur Fungsi Saluran Pencernaan

Bee Pollen mengandung banyak komponen bakterisidal, yang bisa membunuh bakteri E.coli dan lain-lain. Bee Pollen terbukti efektif 95% mengatasi sembelit untuk berbagai usia dan jenis kelamin, tanpa menimbulkan efek diare atau efek negatif lain.

Bagi Anda yang mengalami penurunan nafsu makan, pencernaan buruk, kapasitas penyerapan yang rendah, maag kronis, radang lambung, jadikan Bee Pollen sebagai suplemen makanan Anda untuk membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan tersebut.

Dengan kandungan antibakteri, vitamin dan zat-zat bioaktif Bee Pollen, saluran pencernaan Anda akan diperbaiki dan kembali berfungsi optimal.

4. Kecantikan Dan Program Diet

Bee Pollen disebut sebagai kosmetik kecantikan yang kaya gizi. Kandungan vitamin E, enzim Superoxida Dismutase (SOD) dan mineral-mineral terutama Selenium di dalam Bee Pollen dapat memelihara kecantikan kulit, menjaga elastisitas dan kehalusannya.

Kandungan inositol Pollen bisa membantu mengatasi kerontokan rambut, menjaga rambut tetap hitam dan berkilau, mencegah ubanan.

Kabar baiknya, dengan konsumsi Bee Pollen, tubuh mampu menyerap gizi yang diperlukan dari makanan yang kita makan, sehingga kita tak mudah merasa lapar kembali. Di saat yang bersamaan, lesitin yang ada di dalam Bee Pollen dapat membakar kelebihan lemak, sehingga membantu program diet untuk mencapai berat badan ideal.

5. Mencegah Dan Merawat Masalah Pada Prostat

Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan efektivitas Bee Pollen dalam membantu mengatasi radang prostat/prostatitis. Konsumsi 500mg bee pollen per hari dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Penelitian di Jepang melaporkan, bee pollen dapat membantu meningkatkan kecepatan penyembuhan prostatitis, terutama pembengkakan prostat jinak (BPH) hingga 80%.

6. Memperbaiki Fungsi Hematopoiesis

Bee pollen kaya akan gizi dan bahan-bahan aktif yang mendukung fungsi sumsum tulang dalam membentuk sel-sel darah (hematopoiesis). Dengan demikian, Bee Pollen sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia dan orang dengan daya tahan tubuh rendah.

Cara mengonsumsi Bee Pollen
1. Campurkan dengan air hangat, aduk hingga rata, lalu diminum
2. Dimakan langsung dengan terlebih dahulu kunyah sampai halus, lalu telan bersama air putih
3. Campurkan dengan madu dan air hangat, aduk rata, lalu minum
4. Haluskan terlebih dahulu, lalu campur dengan air hangat atau ditambah madu, lalu minum
5. Bisa diminum sebelum maupun setelah makan. Jika perut Anda terasa tidak nyaman, konsumsi bee pollen setengah jam setelah makan.