Lebah Madu mempunyai pembagian tugas yang jelas salah satunya adalah Lebah pekerja. Lebah pekerja ini bertugas mencari, mengumpulkan dan membawa nektar atau cairan manis tumbuhan (sari madu) kedalam sarang mereka. Mereka menghisap sari madu dari sekuntum bunga setelah selesai menghisapnya seekor lebah mengeluarkan hormon (nasonov Pheromones) yang baunya akan di kenali oleh lebah lainnya.

Berdasarkan petunjuk bau, maka lebah lainpun akan mendatangi tempat bunga tersebut untuk menghisap sari madunya. Hormon ini juga akan dilepaskan ketika mereka menyimpan madu di sarangnya, bau tersebut menjadi petunjuk bagi lebah lain untuk menaruh madu disarang tersebut.

Selain bau Lebah juga menggunakan Tarian Lebah sebagai cara berkomunikasi. Lewat cara komunikasi seperti ini lebah akan mendatangi bunga yang sama, tidak heran jika ratusan hingga ribuan lebah dapat mendatangi sumber bunga yang sama. Dengan cara ini maka lebah mampu mengumpulkan sari madu yang banyak yang kemudian di olah oleh lebah yang tinggal di sarang.

Disarangnya lebah menggunakan pencernaanya untuk mengolah nektar menjadi madu dengan cara mencerna dan memuntahkannya berulang kali, ketika mencerna lebah mencampur sari madu dengan enzim-enzim yang ada didalam perutnya. Kemudian disimpan kedalam sarang. nektar mengandung ragi alami serta air yang membuat kandungan gulanya terfermentasi.

Setelah pemuntahan yang terakhir dimasukan kedalam sisiran sarangnya kemudian di tinggalkan tanpa ditutup. Lalu lebah yang ada didalam mengepakan sayap-sayap mereka untuk mengipas sehingga terciptalah sirkulasi atau aliran udara sepanjang sisir madu dan menguapkan kandungan air yang ada di dalamnya. Turunnya kadar air akan meningkatkan konsentrasi gula, mencegah terjadinya fermentasi. Madu matang akan dipindahkan oleh lebah penjaga dan tidak akan terfermentasi dan terjaga keawetannya.

Madu adalah sumber makanan bagi lebah. Lebah menyimpan madu sebagai cadangan makanan pada musim dingin atau musim hujan juga ketika kekurangan sumber makanan. Lebah selalu memproduksi madu melebihi dari kebutuhannya sehingga bila di manfaatkan oleh manusia tidak membahayakan bagi si lebah.