Kenapa Madu Membeku Ketika Disimpan Di Kulkas?

Madu Mengkristal disukai di beberapa negara

Sebenarnya madu tidak membeku ketika disimpan di kulkas, melainkan mengkristal.
Kristalisasi madu merupakan hal yang spontan dan alami terjadi. Madu murni yang tidak dipanaskan biasanya akan mengalami kristalisasi seiring berjalannya waktu.

Kristalisasi madu tidak mengubah kualitasnya, kecuali warna dan tekstur yang berubah. Di beberapa negara, madu lebih disukai dalam kondisi mengkristal karena lebih mudah dioleskan pada roti tanpa menetes.

Madu mengandung konsentrasi gula yang tinggi, dengan sekitar 80% gula dan 20% air. Ini berarti air di dalam madu harus mengikat gula lebih banyak daripada biasanya. Tingginya kadar gula di dalam madu membuat madu menjadi tidak stabil.

Kandungan gula utama di dalam madu adalah fruktosa dan glukosa. Kadar keduanya di dalam madu tergantung dari nektar sumber tanaman.

Apa dan Bagaimana Terjadinya Kristalisasi

Yang menyebabkan terjadinya kristalisasi adalah glukosa, karena memiliki kelarutan yang lebih rendah. Fruktosa lebih larut dalam air daripada glukosa.

Ketika glukosa mengkristal, ia akan terpisah dari air dan membentuk kristal tipis.
Pembentukan kristal glukosa pada madu berbeda pada tiap jenis madu. Semakin cepat kristal terbentuk, semakin halus teksturnya. Warna kristal yang terbentuk pun berbeda-beda, mulai dari kekuningan hingga putih atau kecoklatan.

Kecepatan pembentukan kristal madu dipengaruhi oleh sumber nektar, partikel yang terlarut di dalam madu, proses pengolahan dan suhu penyimpanan madu.

Kristal madu paling cepat terbentuk pada suhu 10-15 derajat Celsius (suhu kulkas). Pada suhu di bawah 10 derajat Celsius (freezer), pembentukan kristal melambat. Suhu yang lebih rendah meningkatkan kekentalan madu sehingga pembentukan kristal melambat.

Bagaimana Agar Madu Tidak Cepat Mengkristal

Supaya tidak cepat mengkristal, simpanlah madu pada suhu ruang normal, yaitu sekitar 25 derajat Celsius. Madu tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Jika madu mengkristal, Anda dapat mencairkannya kembali dengan menghangatkan madu di dalam wadah gelas tahan panas yang diletakkan di dalam air bersuhu 40 derajat Celsius (au bain marie).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *