Sesendok gula mengandung 46% kalori, Sementara Madu mengandung 64% Kalori. Secara ekonomi, konsumsi madu murni untuk sehari-hari mungkin terasa mahal. Namun kalau dihitung, konsumsi gula yang berlipat ganda jumlahnya dari pada madu membutuhkan biaya lumayan besar, bahkan bisa lebih besar daripada harga madu.

Kadar Glycemic Index (GI) madu lebih rendah. Semakin rendah kadar GI, Semakin lambat penyerapan gula dalam darah sehingga menyehatkan system pencernaan kita.

Kandungan mineral dan vitamin gula sangat minim sering juga disebut nol kalori. Gula menarik sari makanan dalam tubuh untuk bermetabolisme bersama. Jika semua sari makanan sudah habis di gunakan maka, metabolism kolesterol dan asam lemak terhalang, Menaikan tingkat kolesterol serta menyebabkan kegemukan karena ada penumpukan Asam lemak dalam organ dan jaringan tubuh.

Madu adalah gula alami cocok untuk memasak, Rasa madu lebih manis. Kadar air madu lebih banyak yaitu 18%-20%. Selain untuk selai madu juga dapat digunakan untuk berbagai kue, es krim dan pudding.