Heidi Nebel, Seattle Nutrition Examiner
Bee-Pollen-Dan-Berbagai-Macam-Keuntungannya-Madu-Bina-Apiari-Indonesia
Bee pollen (pollen) dikenal sebagai salah satu bahan obat-obatan tertua dan dianggap oleh banyak peneliti sebagai suatu makanan yang sempurna zat gizinya. Pollen atau serbuk sari bunga merupakan alat reproduksi jantan tumbuhan yang berfungsi untuk membuahi sel telur (ovula) tumbuhan. Tanpa pollen, maka tidak terjadi pembuahan tanaman. Oleh karena itu cikal bakal semua nutrisi tumbuhan bersumber dari pollen.
Lebah-Madu-Sedang-Membawa-Pollen-Ditungkainya-Madu-Bina-Apiari-Indonesia
Bee pollen adalah pollen (serbuk sari) yang dikumpulkan dan dipadatkan oleh lebah menjadi bentuk seperti biji-bijian.Bee pollen dipanen dengan cara menaruh lubang-lubang khusus (pollen trap) pada lubang pintu masuk sarang lebah. Ketika lebah masuk, sebagian pollen yang dibawa di kaki lebah tersangkut pada pollen trap dan tertampung di depan pintu masuk sarang.

Lebah-Ternak-Madu-Bina-Apiari-Indonesia-Sedang-Membawa-Pollen-Ke-Kotak-Sarang
Kandungan Gizi Bee Pollen

Para peneliti di Amerika telah mengidentifikasi 105 jenis zat gizi di dalam bee pollen termasuk berbagai vitamin, mineral, enzim, asam amino, gula-gula alami, hormon, asam lemak, zat anti bakteri alami, lesitin (sejenis lemak yang membantu kerja hati, otak dan syaraf).

Selain itu bee pollen juga mengandung bermacam-macam bioflavonoid, diantaranya quercetin yang bersifat anti peradangan, anti histamine (anti alergi) dan antioksidan.

Karena bee pollen mengandung sangat banyak zat gizi yang mampu mendukung kesehatan, banyak kalangan menyebutnya sebagai “the richest food in nature”.Carlson Wade, seorang ahli nutrisi menyebut bee pollen sebagai “the world’s oldest youth food”.

Berbagai Penyakit yang Disembuhkan Oleh Bee Pollen

Sebuah penelitian menggunakan bee pollen telah menunjukkan perbaikan kondisi kesehatan pasien kekurangan gizi, seperti anemia. Bee pollen juga terbukti mampu mengurangi alergi musiman, masalah prostate, PMS (Pre-Menstrual Syndrome) dan gangguan menstruasi.

Penelitian lain membuktikan bahwa bee pollen bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mengandung efek anti kanker. Selain itu bee pollen juga mampu mengurangi efek radiasi pasien kanker.

Suatu percobaan terhadap tikus dan ayam betina membuktikan bahwa fertilitas (kesuburan) hewan-hewan tersebut membaik ketika diberi makan bee pollen. Yang luar biasa, pada percobaan lain, tikus yang diberi makan bee pollen saja, tanpa makanan lain, ternyata sanggup hidup dan berkembang biak tanpa tanda-tanda penyakit.

Bee-Pollen-Produksi-Madu-Bina-Apiari-Indonesia
Bagi Anda yang ingin mengatur berat badan, bee pollen bisa pula digunakan sebagai makanan diet. Jika ingin meningkatkan berat badan, minumlah bee pollen setelah makan. Sebaliknya, untuk mengurangi nafsu makan, Anda bisa meminum bee pollen sebelum makan