Apiari. JENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA: Lebah Apis Cerana Indica Asosiasi Perlebahan Indonesia

Madu Bina Apiari: PERINTIS PERLEBAHAN DI INDONESIA

JENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA

BY Vilian • January 15th , 2017 • Apiari

HomeApiariJENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA
Apiari, Jenis Lebah Ina ~ JENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA

Suka minum madu? Kenali dulu lebah penghasilnya. Simak jenis-jenis lebah madu populer yang ada di Indonesia ya..
Madu didapat lebah dari nektar (cairan manis) tanaman yang diproses di dalam kantung madu, kemudian dikentalkan di dalam sarang. Adapun tanaman sumber nektar yang biasa diambil oleh lebah bervariasi. Lebah madu yang mengisap nektar pun ada beberapa jenis.

Yang populer di Indonesia adalah Apis cerana (lebah lokal), Apis mellifera (lebah budidaya) dan Apis dorsata (lebah hutan). Ada juga jenis lebah tak bersengat yang baru-baru ini mulai dilirik, yaitu Trigona sp.
Lebah Apis cerana bertubuh paling kecil di antara ketiga jenis lebah madu populer yang bersengat. Lebah ini hidup liar di alam dan ada juga yang diternakkan. Tetapi karena tubuhnya kecil, maka sarangnya pun berukuran kecil dan hasil madunya sedikit.

Apis Mellifera
Lebah Apis mellifera atau yang sering dikenal sebagai lebah budidaya, aslinya berasal dari Eropa. Tubuh lebah ini lebih besar, relatif lebih jinak dan lebih produktif menghasilkan madu daripada Apis cerana, sehingga lebih ideal untuk dibudidayakan.

Apis mellifera ini lebih pemilih dalam menentukan nektar yang akan diambil. Selain itu mereka lebih rentan terhadap hama penyakit. Sampai saat ini, sebagian besar Apis mellifera di Indonesia hanya cocok dibudidayakan di pulau Jawa.
Lebah hutan atau Apis dorsata bertubuh paling besar, paling liar dan sulit dibudidayakan, dibandingkan dengan Apis cerana dan Apis mellifera. Sarang lebah hutan berupa lembaran besar tunggal, menggantung di cabang pohon di hutan ataupun goa-goa.

Dengan semakin berkurangnya hutan di Indonesia, beberapa koloni lebah hutan mengungsi sampai ke kota dan membuat sarang di tiang-tiang gedung yang membentuk sudut miring.

Lebah tak bersengat Trigona, atau lebih dikenal dengan nama daerah Kelulut, Lanceng, Klanceng, belakangan ini mulai populer.

Apiari, Jenis Lebah Ina ~ JENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA

Apimondia (organisasi dunia bidang perlebahan) menganggap trigona bukan lebah sesungguhnya, karena berbeda rumpun dengan lebah madu. Trigona termasuk rumpun meliponini, sedangkan lebah madu Apis merupakan rumpun apini.
Namun demikian, karena di beberapa negara dan daerah sulit membudidayakan Apis mellifera, maka Trigona menjadi sebuah alternatif yang dapat dikembangkan sebagai sumber daya alam yang potensial.

Apiari, Jenis Lebah Ina ~ JENIS-JENIS LEBAH MADU POPULER INDONESIA

Share your Opinions

Terhubung Dengan Kami

Copyright © 2010 - 2017 Madu Bina Apiari. All Rights Reserved. Designated trademarks and brands are the property of their respective owners. Use of this Web site constitutes acceptance of Madu Bina Apiari User Agreement and Privacy Policy.

top