Madu. PROSES PENGEMASAN DAN PENJUALAN MADU: Madu Herbal Madu Saring Mad Honey

Madu Bina Apiari: PERINTIS PERLEBAHAN DI INDONESIA

PROSES PENGEMASAN DAN PENJUALAN MADU

BY Vilian • June 22nd , 2015 • Madu

HomeMaduPROSES PENGEMASAN DAN PENJUALAN MADU

Bermacam-macam jenis madu yang di jual dipasaran berdasarkan cara pemrosesannya :

Madu Sarang atau Madu Sisir yaitu madu yang dijual langsung dengan sisiran sarangnya setelah di panen dibersihkan dan langsung di kemas untuk di jual. Ada juga yang di jual dalam kemasan botol yaitu dengan sarang yang sudah di potong-potong sesuai dengan besarnya kemasan botol.

Madu Mentah Yaitu madu yang didapat dari hasil ekstraksi di endapkan dan melalui proses pemanasan tidak melebihi dari 49oC. Madu mentah masih mengandung serbuk sari dan partikel lilin berukuran kecil. Madu mentah ini diyakini mampu mengobati demam pada anak-anak. Kebanyakan di Indonesia madu jenis ini yang di jual.

Madu Kental madu yang dikemas dalam container yang berisi satu atau lebih sisir madu yang tertutup ekstrasi madu cair. Jenis madu ini lebih di sukai di kawasan Amerika Selatan.

Madu Saring yaitu madu yang mengalami penyaringan kepingan lilin, propolis dan lainnya tanpa membuang serbuk sari. Sering dijumpai pada madu obat dan biasanya berwarna keruh keabuan karena masih mengandung serbuk sari. Madu ini cepat mengkristal di banding madu lainnya.

Madu Ultra Saring Disaring melalui saringan yang sangat halus dengan tekanan tinggi untuk membuang semua padatan dan butiran serbuk sari. Agar mudah proses penyaringan maka madu akan di panaskan dengan suhu 65oc-77oc. Madu ultra saring lebih bening dan awet. Proses pemanasan membuat kandungan gula Kristal terpecah sehingga madu tidak cepat mengkristal. Sayangnya, kualitas beberapa enzim pentingnya seperti diatase dan invertase menurun. Biasanya madu jenis ini kebanyakan dijual di supermarket.

Madu Hasil PemanasanMadu yang dihasilkan setelah pemanasan dan di ekstraksi yang menyebabkan tingkat kelembapannya menurun. Sel-sel ragi yang ada didalamnya pun hancur. Ini menghasilkan produk yang kurang baik dan kurang segar dan menghasilkan warna lebih gelap.

Madu Ultrasonikasi diproses tanpa melalui pemanasan tetapi ultrasonikasi, sel-sel ragi dihancurkan sehingga menghasilkan madu yang tidak cepat terfermenrasi, serta tidak cepat mengkristal.

Madu Cetak atau Keras Semua madu akan mengeras dan untuk mencairkannya kembali, diperlukan pemanasan. Beberapa madu mengeras secara alami menjadi butiran kasar dan rasanya seperti ada butiran gula dalam madu. Ada juga jenis madu yang sangat keras dan tidak bias di pecahkan. Untuk memecahkannya biasanya madu ini dicampur dengan madu berbutiran halus.

Madu Beracun ada yang paling terkenal yaitu Mad Honey dihasilkan dari bunga Rhododendron, Azalea dan pohon salam gunung. Nektar pada tumbuhan-tumbuhan tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi manusia tetapi tidak buat lebah. Sekarang produksi madu di awasi dengan sangat ketat sehingga resiko untuk mendapatkan madu berbahaya dapat di atasi.

Madu Herbal yaitu madu murni yang dicampurkan dengan obat-obatan herbal yang membantu mempercepat kesembuhan suatu penyakit. Madu herbal ini sangat di gemari di Indonesia karena khasiatnya yang katanya cespleng. Walaupun begitu kita harus hati-hati dengan nya karena ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab mencampur dengan tidak benar.

Madu Palsu yaitu madu yang di buat oleh para penjual madu yang menginginkan untung cepat dan banyak yaitu dengan cara mencampurnya dengan air, gula dan bahan bahan lainnya seperti soda kue dll. Rasanya mirip dengan madu asli tapi khasiatnya sama seperti syrup biasa.

Share your Opinions

Terhubung Dengan Kami

Copyright © 2010 - 2017 Madu Bina Apiari. All Rights Reserved. Designated trademarks and brands are the property of their respective owners. Use of this Web site constitutes acceptance of Madu Bina Apiari User Agreement and Privacy Policy.

top