MADU MURNI SEBAGAI SUMBER TENAGA PARA OLAHRAGAWAN

Karbohidrat adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh para Olahragawan, Karbohidrat yang di konsumsi sebelum, pada saat, dan setelah berolahraga meningkatkan performa olahragawan dan mempercepat pemulihan. Madu murni adalah sumber karbohidrat alami yang dalam setiap sendok mengandung 17 gram karbohidrat. Komposisi karbohidrat yang unik dalam madu adalah sajian yang sempurna sebelum melakukan latihan.

Menurut hasil riset dari sebuah jurnal kesehatan bahwa karbohidrat berkadar glycemic rendah pada madu mengurangi resiko terjadinya hypoglycemia pada saat berolahraga. Madu juga menaikan performa, ketahanan dan pemulihan olahragawan.

Pengujian ini dilakukan kepada 9 pembalap sepeda. Para pembalap sepeda yang mengkonsumsi madu menyelesaikan lomba dalam waktu 3 menit lebih cepat dari pembalap yang tidak mengkonsumsi madu murni, disertai penambahan tenaga 6 %. Selain itu juga diberikan kepada 39 atlet angkat besi dan di uji hormon kortisolnya yaitu hormon yang dilepaskan ketika otot bekerja keras dan hasilnya menurun.

Artinya madu murni adalah asupan energy yang baik di banding dengan sumber gula lainnya, Madu tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Madu murni menyajikan energy dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, glukosa dalam madu murni yang diserap cepat oleh tubuh langsung menghasilkan energi. Pada tahap kedua, fruktosa yang lebih lambat diserap tubuh menjaga ketersediaan Energi atau tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *