Apiari. Info Tambahan Untuk Majalah Trubus: Alpha Hydroxy Acids (AHAs) Madu Bina Apiari Indonesia Apitherapy

Madu Bina Apiari: PERINTIS PERLEBAHAN DI INDONESIA

Info Tambahan Untuk Majalah Trubus

BY Vilian • July 22nd , 2015 • Apiari

HomeApiariInfo Tambahan Untuk Majalah Trubus

Artikel ini adalah tambahan dari artikel sebelumnya yang bisa anda baca ulang di http://madubinaapiari.co.id/artikel-madu-untuk-majalah-trubus/?

11.Tolong tambahkan informasi yang ingin Bapak selipkan di artikel (yang kira-kira belum saya tanyakan).

1.Posisi saya sekarang sebagai Ketua Dewan Pakar API ( Asosiasi Perlebahan Indonesia); Vice Chairman World Propolis Science Forum), Owner Bina Apiary Indonesia. Tahun 1983 sp 1993 menjabat sebagai President Komisi BEEKEEPING FOR Developing Countries APIMONDIA
Lulus Fakulatas Kehutanan IPB 1966 Trus mengabdi sebagai PNS PNS Departemen Kehutanan pensiun IV E pada tahun 2006. Sekarang menikmati masa pensiun sambil ber wira usaha Perlebahan dan konsultan Reklamasi Pertambangan dan Perlebahan
Belajar lebah di Negeri Belanda tahun 1977 dan terus mengikuti Kongres Apimondia sejak tahun 1979 di Athena Yunani. Setiap 2 tahun mengikuti 1981 di Acapulco Mexico, 1983 Budapest Hongaria terpilih sebagai President Comission Beekeeping for Developing Countries du usaia 42 tahun dst lihat CV terlampir.

2.Rencana jangka panjang akan mengembangkan “Integrated Bee Farming” dengan tanaman Sorghum untuk lebah madu, peternakan sapi/domba, pabrik bio etanol dan beras/tepung sorghum pengganti gandum yang 100% masih diimport. Khususnya di dalam rangka REKLAMASI Pertambangan dan pengembangan kepulauan dan pedesaan terpencil (Indonesia punya 17.500 pulau2, bagaimana membuat pulau2 kecil mandiri pangan, energy, daging/susu dan sehat berkat peternakan lebah madu ?)

3.Potensi lebah hutan Apis dorsata cukup tinggi. Dulu jaman HPH dan konversi hutan jadi perkebunan sawit dan banyak terjadi pembakaran hutan, illegal logging, sebagian besar koloni Apis dorsata punah ( Sumatera, Kalimantan). Kini setelah ditanam kembali HTI Acacia mangium dan Eucalyptus dan perkebunan sawit komunitas Apis dorsata berkembang lagi terutama di Riau, Sumsel , Jambi dan Sumut, dan banyak madu hutan dihasilkan dari daerah2 tersebut.

4.Dua tahun yl terjadi perubahan iklim yang mengakibatkan penurunan produksi madu samapai 20% dan banyak peternak Apis mellifera yang bangkrut dan tidak dapat memelihara lebahnya lagi karena hasil madu sedikit pengeluaran tinggi. Kalau tahun ini tidak ada perbaikan kemungkinan produksi lebah ternak semakin sedikit .

5.Madu palsu semakin marak beredar karena tidak ada pengawasan dari Pemerintah. Banyak pabrik madu palsu yang mengedarkan madu palsu dengan harga murah di pasaran Indonesia. Menurut survey trans TV dan Pusbahnas (Pusat Perlebahan Nasioanl) sekitar 80% madu di pasaran palsu. Hal ini sangat merugikan konsumen karena dengan mengkonsumsi madu palsu dapat meningkatkan gula darah bagi penderita diabetes, dan tidak ada tambahan gizi berupa vitamin, mineral, enzyme, anti oksidant, anti biotika dll yang terdapat pada madu asli.

6.Di luar Negari (Eropa dan USA) terjadi CCD (Colony Colapse Disorder) yang menyebabkan kematian lebah 40% /tahun sehingga produkasi madu juga menurun. Perubahan iklim juga di alami di Eropa yang juga berdampak pada penurunan produksi madu. Kondisi ini merupakan peluang bagi Negara Amerika Selatan (Brazil, Argentina, Meksiko) memasuki pasar madu USA dan Eropa. Apalagi madu China di band karena terlalu banyak mengandung logam berat.

7.Saya di Jerman mengikuti Kongres APITHERAPY Jerman yang diselenggarakan setiap tahun di kota Passau. Sudah 3 kali saya ikut sejak 2009 dan menjadi member German Apitherapy Society. Apitherapy adalah pengobatan alternatif dengan bee products madu, beepollen, royal jelly, propolis dan sengat lebah, Juga ada Api cosmetic untuk salon kecantikan. Istri Pangeran Charles Camella wajahnya ditreat dengan venom cream tampak 5 tahun lebih muda, wajahnya hilang keriputnya lho.

Tahun lalu saya presentasi tetang BEEBREAD Apis dorsata dan mendapat sambutan baik dari para peserta yang umumnya dokter dan praktisi Apitherapy dari Eropa Timur dan Barat. Tahun ini saya presentasi PROPOLIS Trigona . Sebagian bahan yang ditulis mas Sardi di Trubus, dan juga banyak yang tertarik. Saya sedang minta di analisa kandungannya di Korea, Hungaria, Romania, dan Jepang

Tanggal 22 sp 30 September 2011 Insya Allah saya dan istri mau ikut Kongres APIMONDIA di Buenos Airos Argentina Paper saya tentang Trigona telah diterima oleh Scientific Committee Apimondia.

Tidak terasa sudah 50 negara saya kunjungi berkat perlebahan dan jabatan saya mengabdi sebagai PNS 40 tahun di Departemen Kehutanan (pensiun IV E di usia 65 tahun) 1966 sd 1996 dan Direktur External CIFOR (Center for International Research) selama 8 tahun dengan gaji dollar bekerja di Indonesia (enak dong…..)

Alhamdulillah berkat tiap hari konsumsi madu, beepollen, royal jelly dan propolis (4 in one) kondisi kesehatan sesuai hasil general check up terakhir 9 Mart 2011 masih fit dan OK semua organnya.
MARI konsumsi produksi Perlebahan setiap hari agar sehat dan kuat

Peternakan Lebah
Madu Bina Apiari Indonesia
Bp. Ir. Bambang Soekartiko

Share your Opinions

Terhubung Dengan Kami

Copyright © 2010 - 2017 Madu Bina Apiari. All Rights Reserved. Designated trademarks and brands are the property of their respective owners. Use of this Web site constitutes acceptance of Madu Bina Apiari User Agreement and Privacy Policy.

top